Kamis, 16 Maret 2017

Hari ini gw Rindu Kakek

Gw ketemu kakek cuma sebentar, yang gw ingat dari beliau adalah pemilik 3 lembar baju tetoron kasar yang beliau jahit sendiri. Katun kasar itu dua helai berwarnah hitam dan satunya berwarna putih. Padahal beliau hitungan orang paling kaya dikampung kala itu. Pemilik tanah paling luas dan rumah paling besar, semasa mudanya (saat mobil hanya dimiliki pemerinta kolonial), beliau punya banyak sekali pedati, setara mobil untuk masyarakat kelas tiga (kelas satu adalah bangsa kulit putih, kelas dua orang2 cina dan kelas tiga warga pribumi).
Beliau selalu sholat diawal waktu dan rajin sekali sholat sunah, tekun bekerja bahkan sampai H-3 kematian biau. Puasa sunah beliau senen kamis dan beliau menyayangi semua cucu-cucunya tanpa kecuali.

Dihari tua kakek, beliau menjadi pe-kebun yang begitu ulet. Beliau selalu menghadiahi gw sayuran terbaik dan buah-buahan teranum jika berkunjung kekebun beliau. Ada mangga, rambutan, nangka, pepaya dan timun. Jika gw sempat membelikan makanan-makanam kecil disekolah (SD kelas 1 saat itu), hanya berupa chiki-chiki murahan sisa uang belanja, maka beliau akan dengan senang hati menerimanya dengan mata berkaca-kaca dan mendoakan panjang sekali doa-doa kebaikan buat gw.
Jika diingat sekarang, rasanya ingin kakek ada saat gw lelah begini. Pasti kakek akan memeluk dan mengajari lagi bagaimana membaca Al-Fatiha yang baik seperti saat itu.
Lalu, begitu libur kenaikan sekolah. Gw dapat ranking pertama. Kakek senang sekali, beliau memeluk gw erat, mengusap ubun-ubun dan menggenggam erat tangan kecil gw menengadah kelangit. Membacakan doa-doa yang khusuk untuk kebaikan masa depan gw. Badan beliau terasa sangat panas dibalik baju katun tetoron beliau. Kakek sedang sakit keras.
Esoknya beliau telah tiada.
Dan kata terakhir dipagi sebelum kakek pergi untuk selamanya (beliau meninggal diwaktu zuhur dengan bersujud mengjadap qiblat). Beliau sempat berpesan:

"Nak, kalau ayah (panggilan gw ke kakek) sudah ga ada nanti, tolong bacakan ayah surat Al-Ikhlas setiap setelah seleaai adzan ya...Mungkin itu bisa melapangkan kubur ayah. Doakan ayah"

Saat itu yang gw ingat adalah badan beliau sangat panas dan air mata beliau bercucuran.

"Ayah lah dakek (ayah sudah dekat) "

Al-Fatiha dan Al-Ikhlas untuk ayah.
Jika tidak keberatan, tolong bacakan Al-Fatiha untuk kakekku, semoga menjadi amalanmu juga.
*ayah, aku rindu.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar