Selasa, 08 November 2016

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah


Gw lagi praktek bikin keripik singkong ceritanya. Dulu sekali pernah coba juga, hasilnya merontokkan dua mata behel gw. Keras euy! Nah malam ini coba lagi, belajar-belajar dulu ke mbah gugel, katanya suruh direndam pake air kapur sirih sebelum digoreng.
Setelah serangkaian penyesuaian ke saran si mbah, sampailah ketahap gw harus bener2 nahan tangis. Baru aja dimasukin kepenggorengan tetiba minyaknya meluap macam Ciliwung kalau lagi ulang tahun. Busa-busa raksasa bermunculan dan setengah minyak penggorengan tumpah. Kelar semangat hidup gw, bikin keripik singkong renyah!


Balik lagi ke si mbah, gw cari solusinya dengan berbagai key word.
Semisal:

- "pengaruh kapur sirih ke minyak goreng"
Hasil yang keluar adalah:
"bahaya kapur sirih pada makanan'

- Bagai mana menghilangkan pengaruh kapur sirih pada irisan keripik singkong (keyword apa paragrafword mbak?)
Hasil yang keluar adalah:
"Cara membuat keripik singkong renyah"

- Kebanyakan pemakaian kapur sirih
Hasil pencarian adalah:
"Kanker prostad (haaa!)

- Apa mbah gugel ga tau
Hasil pencarian adalah:
6 Dosa besar google terhadap bangsa Indonesia (maaaaakkkkkk gw lelah!)

Dan seperti ada bisikan dari otak gw (spooky ga sih dengarnya), secara lagi zaman mutilasi dan bisikan2 gaib kan ye....

Bisikan diotak gw bilang gini:
"Telpon mak lu!!!!"

Sinopsis percakapan:
Sianak dudul: "Assalamualaikum.....ammaaaa, lagi apaaa?"
Emak: "Lagi baca2, ada apa nih? Tumben, gagal masak lagi ya?"
Ngakak dulu sampe puas, kan ketahuan bener gw suka praktek masak dan kebanyakan gagalnya.
Sianak dudul: hehehe iya maa, itu keripik singkong kenapa pas digoreng minyaknya jadi meluap ya maa
Emak : itu kebanyakan kapur sirih, cuci lagi irisan singkongnya pake jeruk nipis, trus goreng lagi.
Sianak dudul: oooooooo (nyengir garuk-garuk)

Ha?? Gw kan belum cerita kalau dikasih kapur sirih sesuai saran si mbah gugel, kenapa si ammaa tau.
Jadi,
Ga semua masalah hidup lu kelar dengan gugel, kadang the power of emak itu bisa bikin lu sadar kalo malam ini lu sama si mbah gugel sama dudulnya. Eh maksudnya.
Tapi sekarang gw dah dapat donk, resep keripik singkong renyah gurihnya.  resep menyusul ya ladies....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar