Rabu, 19 Oktober 2016

Pertanyaan Kapan Nyusul Itu Menyakitkan!

Pertanyaan 'kapan Nyusul?' ini adalah menu wajib para jomblo ditengah kumpul keluarga, reunian atau menghadiri pernikahan teman atau sahabat. Dan biasanya yang ditanya akan malu-malu trus menghindar, padahal berbalik, kepentok orang pertanyaan nya pasti sama aja. Kapan Nyusul???

Apakah pertanyaan “Kapan Nyusul (+ ga kepengen?)” ini menyakiti para jomblo atau tidak, mari lihat dulu analogi-analogi manis berikut ini, base on kata “KAPAN”.

  • Adegan A
Kalian pasangan sudah lebih dari setahun menikah, mungkin sudah punya rumah walau KPR ataupun mobil, pertanyaanya akan begini:
Untuk Wanita : “KAPAN punya momongan? Apa suaminya ga menuntut?” (kepooooo)
Untuk Pria : “Kapan dipanggil ayah nih Bro? Apa ga tau caranya? (Mungkin kalau ga ingat dosa lu bakal show off ke dia adegan hebat lu)

  • Adegan B
Beruntungnya kalian dah punya momongan, anggaplah dua (sepasang anak cerdas, cakep dan lucu) dan tetangga kontrakan lu baru aja akad kredit KPR perdananya, pertanyaannya:
Untuk wanita : “Kapan coba-coba ajukan KPR mba? Ga mau donk ya, selamanya ngontrak?” (awas, panci lu bakal jadi sasaran!)
Untuk Pria : “Kapan coba-coba aply KPR bro? Hitung-hitung bentar lagi si..............(nyebut nama nak lu) kan udah SD” (Pastikan lu ga curhat sama istri, ntar mala di 'iya nih Pa' kan repot lu?)

  • Adegan C
Semakin beruntung aja pasangan yang satu ini. Sudah punya dua boca lucu, imut, pintar dan lincah. Sudah punya rumah pula, sempurnah banget ga sih, idup lo? Dan tetangga lu baru aja dapat kiriman mobil Honda Brio dari dealer, pertanyaan kapannya adalah:
Untuk Wanita :“Kapan mama.......(nyebut nama lo) nyusul? Kasihan lho Jeng anak sekolah kalau naik motor sekarang, polusi itu lho jeng. Bahaya” (tahan napas, lu! Apalagi kalo diaaminin oleh siboca 'iya ma, beli mobil juga dooong.....'
Untuk Pria : “kapan pa? Kita juga beli mobil kaya pak.........(sebut nama tetangga lu tadi)”. Gw berharap lu ga lagi mikir gimana cara aman buat korupsi.

  • Adegan D
Jadi gini, kalian itu udah punya anak, punya rumah, punya mobil (bahkan mungkin sudah lunas). Tapi Allah titipkan kalian anak berkebutuhan khusus, pertanyaan KAPAN nya jadi bakal gini:
Untuk Wanita : “Kapan bunda...........(nyebutin nama anak lu) bisa ikut kita-kita? Sesekali bisalah ya, anak-anak ditinggal sama hubby atau mertua. (trus ada yang nyeletuk “kan ada dedek.........(nyebutin nama anak lu yang bermasalah sama tumbuh kembang). Peluk cium anak lu ya, sing sabar!
Untuk Pria : “Kapan pak......(sebut nama lo) ikut mancing mania, ga pernah-pernahnya nih? (lo jadi ingat anak lo yang setiap akhir pekan selalu punya jadwal terapi)

  • Adegan E
sebelumnya lu keluarga bahagia banget dengan fasilitas wah, anak-anak cerdas dan penurut. Secara sukses di bisnis properti atau apalah gitu tapi lagi pailit gegara ketipu rekan bisnis. Masih ada kok pertanyaan KAPAN yang bisa mampir. Begini:
Untuk wanita : “kapan ya jeung...............bisa shopping-shopping lagi? Ka gangen apa? (padahal suami lu lagi pailit dililit hutang milyaran rupiah). Plis jangan nekad jeng. Jangan. Nambah masalah lu kalo sensi dan pake kekerasan. Malu juga ih!
Untuk Pria : “Kapan nih pak..............(nyebut nama lu) nge-Golf lagi? Kedinya sekarang bening-bening lho pak! (boro-boro kedi bening, dari pagi sampe sore yang nelponin lu Dept Collector melulu).

  • Adegan F
PERFECTO! Anak kalian 3 sehat cerdas cakeeep, rumah mewah, mobil satu seorang, bisnis lagi menanjak. Perawatan istri sempurna, keluarga samarah, soleh, soleha lah begitu. Maka masih bisa kok gw tanyain KAPAN, kek gini:
Untuk Wanita
Tiba-tiba datang bertamu kerumah lu gadis 23 tahunan, berat badan sekitar 50kg, tinggi 160cm, berjilbab rapi, putih cantik sangat sopan dan lembut sekali tutur katanya
Pertanyaan nya : “kapan mba.............(sebut nama lu) siap berpoligami sama aku? Aku datang kesini disuruh mas..............(isi dengan nama suami lu), aku bermaksud mau berbagi surga dengan mba”.
Apa? Gimana? Berbagi surga moyang situ? Ga tau situ? Langkahi dulu mayat sini, baru situ bisa rebut suami sini! (macan betina menyusui, lapar, terluka kesenggol)

Untuk pria : “kapan bapak terakhir makan sate ayam atau sushi atau daging yang tidak sempurna matangnya? Ini sudah stadium IV” (lu divonis kanker hati, entah karena banyak nge-cengin jomblo atau apapun itu gw ga tau ya).

Nah, kira-kira setara dengan itulah rasa yang dirasakan para jomblo dengan pertanyaan KAPAN kalian. Apa menurut kalian sakit? Sedih? Kecewa? Marah? Senang? Bahagia? Atau lu bukan termasuk dalam adegan-adegan yang gw buat diatas. Kalau benar, berkemungkinan lu jomblo juga dan menanyakan pertanyaan KAPAN ke para jomblo adalah cara lu menghibur diri. Pasti.


Oh iya, jika ada ketemu jomblo yang lagi di tanya KAPAN sama orang, trus lu usap pundaknya sambil bilang “yang sabar ya......”
Trus dia bilang “gapapa kok, aku udah biasa” sambil tersenyum gitu
Yakinlah, kata 'sudah biasa' disini bukan berarti dia sudah netral dengan pertanyaan itu, 'biasa' maksudnya adalah 'SUDAH BIASA DISAKITI'. Paham lu?

Hohoho gw ga lagi emosi kok bikin tulisan ini, cekikikan malah (percayakan? Kaaaaan..........?)

hmmmmm.....
Selain adegan A sampai F tadi, masih ada lagi ga kemungkinan-kemungkinan lainnya, sehingga seseorang nyandu banget menanyakan “kapan Nyusul, kapan nikah, kapan kawin, ga kepengen kepada para jomblo???
Kalau masih ada, yuk teman-teman kasih tau gw, berhubung otak lagi agak macet, ingatnya segitu aja malam ini.


NOTE : Rezeki, jodoh, maut itu kan haknya Allah dan Allah yang mengatur semuanya. Manusia seperti kita-kita ini tidak akan bisa mempercepat atau memperlambat terjadinya sesuatu walau seper-sekian detik sekalipun.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar